Skip to content

Nyinyir ala Orang Spasial

by on December 27, 2015

Sumber: developer.arcgis.com

Sumber gambar: developer.arcgis.com

Orang spasial boleh nyinyir? Kenapa tidak? Nyinyir tidak dilarang oleh undang-undang lho.

Dalam KBBI daring (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata nyinyir berarti: mengulang-ulang perintah atau permintaan; nyenyeh; cerewet (sila cek dengan klik disini).

Dalam kehidupan populer saat ini, terutama dalam media sosial, saya lebih melihatnya sebagai menjelek-jelekkan pihak lain yang tidak disukai, dengan beropini yang berlawanan, dengan tujuan merendahkan pihak tersebut. Dalam tulisan ini, saya ingin mengartikan nyinyir sebagai artian dalam KBBI.

Sebagai orang spasial, mari kita pakai analisis masalah dari fungsi-fungsi pada metode overlay dalam Sistem Informasi Geografis atau SIG.

Union

Kondisi ini adalah dimana seluruh bagian dari poligon A adalah juga merupakan seluruh bagian dari poligon B.

Contoh kasus: Mahasiswa A menempati kamar kos bersama mahasiswa B. Union kehidupan kedua mahasiswa ini adalah “ruang kamar”. Persoalan muncul saat mahasiswa A selalu membuat berantakan isi kamar, sedangkan B tidak menyukainya. Maka B dibolehkan nyinyir pada A agar menjaga kerapihan kamar bersama. Atau A dibolehkan nyinyir pada B agar membuat berantakan bersama. Tujuan nyinyir adalah menyamakan kondisi status keberantakan kamar sesuai keinginan bersama.

Tetapi jika mahasiswa A dan B berbeda kamarnya, maka dilarang nyinyir-menyinyir ya…😀

Intersection

Kondisi dimana sebagian poligon A merupakan bagian yang sama dengan sebagian poligon B

Contoh kasus: Mahasiswa A dan mahasiswa B memiliki motor bersama, hadiah dari pak lurah dari kampung mereka berdua (ada kali yaaak…). Persoalan muncul mengenai jam penggunaan dan pembagian pengisian bensin. Mahasiswa A lebih sering pakai tetapi segan mengisi bensin, sedangkan mahasiswa B menginginkan hal yang adil dan setara. Maka B dibolehkan nyinyir kepada mahasiswa A agar bisa berbagi penggunaan motor dan pengisian bensin lebih berkeadilan.

Tetapi jika mahasiswa A dan B punya motor sendiri-sendiri, ngapain juga saling menyinyir?😀

Masih ada fungsi Symmetric Difference, Exclusive (XOR), dan Identity. Pahami artinya dan contoh penggunaannya, maka pasti gampang mencari contoh dalam kehidupan kan?

Buffer Analysis

Ada lagi nih, buffer analysis. Kondisi ini adalah area baru terletak disisi luar suatu fitur (titik, garis, atau poligon) yang dibatasi jangkauannya dengan satuan panjang atau waktu.

Contoh kasus: ada keributan (berantem) antara dua mahasiswa di kantin kampus dalam rangka memperebutkan layanan pertama sepiring gudeg untuk makan siang. Mahasiswa A, yang merupakan mahasiswa di kampus tersebut, layak nyinyir terhadap kedua mahasiswa yang berantem itu. Dalam hal ini buffer-nya adalah wilayah kampus. Kenyinyiran mahasiswa A bisa dengan tujuan agar mereka yang berantem segera lerai dan kembali ke kelas masing-masing, sehingga tidak mengganggu mahasiswa A dalam makan siang di warung gudeg yang sama.😉

Tetapi kalau yang berantem adalah mahasiswa di kota lain, atau bahkan di pulau lain, dengan kasus yang serupa, ngapain juga si A pake nyinyir segala?😀

Jadi nyinyir itu boleh kok, tapi… pakai logika dari fungsi-fungsi overlay atau analisis spasial ya…

😀

From → Yang Asik

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: