Skip to content

Dimanakah Landsat 6 Berada?

by on September 28, 2015

Jika anda pernah menggunakan data Landsat 5 TM dan Landsat 7 ETM, pernahkah anda bertanya dimana Landsat 6? Landsat 6 diluncurkan pada 5 Oktober 1993. Ia membawa sensor ETM (Enhanced Thematic Mapper) serupa dengan yang kita kenal pada Landsat 7 kemudian. Sayang sekali, saat dilepaskan dari roket pembawanya, ia tidak berfungsi sebagaimana diharapkan. Kecepatannya tidak sesuai dengan kecepatan yang diharuskan agar bisa bertahan pada orbitnya. Akibatnya satelit ini terjun kembali ke Bumi dan diperkirakan jatuh di Samudra Hindia. Landsat 7 dibangun dengan frame yang sama dengan Landsat 6. Kini "versi" Landsat telah sampai Landsat 8 dengan tambahan konfigurasi sensornya. Datanya dapat diunduh gratis oleh penggunanya. Apakah anda pengguna Landsat setia? #landsat #sejarahsatelit #remotesensing

A photo posted by RSGISforum (@rsgisforum) on

Jika anda pernah menggunakan data Landsat 5 TM dan Landsat 7 ETM, pernahkah anda bertanya dimana Landsat 6?

Landsat 6 diluncurkan pada 5 Oktober 1993. Ia membawa sensor ETM (Enhanced Thematic Mapper) serupa dengan yang kita kenal pada Landsat 7 kemudian.

Sayang sekali, saat dilepaskan dari roket pembawanya, ia tidak berfungsi sebagaimana diharapkan. Kecepatannya tidak sesuai dengan kecepatan yang diharuskan agar bisa bertahan pada orbitnya. Akibatnya satelit ini terjun kembali ke Bumi dan diperkirakan jatuh di Samudra Hindia.

Landsat 7 dibangun dengan frame yang sama dengan Landsat 6.

Kini “versi” Landsat telah sampai Landsat 8 dengan tambahan konfigurasi sensornya. Datanya dapat diunduh gratis oleh penggunanya.

Apakah anda pengguna Landsat setia?

From → Yang Asik

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: