Skip to content

Deteksi Awan dan Bayangan Awan dengan FMask

by on March 26, 2014

Sumber: glovis.usgs.gov

Citra Landsat – Sumber: glovis.usgs.gov

Awan dan bayangan awan adalah “persoalan laten” dalam pemrosesan data satelit. Tutupan awan dan bayangannya, selain menutupi obyek yang kita inginkan, kerap kali mengganggu dalam proses lainnya seperti klasifikasi.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuang awan dan bayangannya dari data kita kemudian kita namai saja area tersebut dengan “nodata”. Tetapi bagaimana cara menandai awan dan bayangannya ini..? Jangan pernah berasumsi bahwa awan adalah bentuk gumpalan teratur, karena itu hanya ada dalam lukisan waktu kita kecil.ūüėÄ

Awan mempunyai bentuk yang sangat tidak teratur. Dan jika terdapat banyak sebaran kecil, maka akan semakin sulit bagi kita mengatasinya.

Fmask salah satu perangkat lunak (perlun) yang bisa kita coba. Perlun ini mendeteksi awan, bayangan awan, dan salju. Semua dilakukan sendiri secara otomatis, tentunya berdasar banyak hitungan yang telah ditulis dalam kode programnya.

Data yang dapat diolahnya adalah citra Landsat 4, 5, 7, dan 8 pada sistem operasi Windows atau Linux. Perlun ini dibuat berdasarkan banyak teori yang dirangkai dalam makalah oleh: Zhe Zhu dan Woodcock: Object-based cloud and cloud shadow detection in Landsat imagery, Remote Sensing of Environment (2012).

Sehingga untuk memahami proses yang dilakukan silakan baca tulisan tersebut. Memahami adalah bagian terpenting dari proses ini untuk mengantisipasi hasilnya.

Perlun ini memerlukan data citra tersimpan dalam GeoTIF untuk tiap kanalnya, dan juga menyertakan metadata asli dari dataset yang dimaksud. Karena pada prosesnya fmask memerlukan banyak informasi dari metadata ini.

Silakan baca laman FMask di: Fmask Software. Pada laman ini ada taut untuk makalah dan pengunduhan. Perlun ini dapat diunduh gratis.

Bagi yang telah mencoba, mari ceritakan pengalaman mu di laman ini ya.

4 Comments
  1. saya sudah mencoba di windows 8.1 namun masih mengalami kegagalan dalam proses instalasi.
    menurut developernya seharusnya aplikasi tersebut bisa dioperasikan pada sistem berbasis windows 8, tapi mereka belum pernah mencobanya. [https://code.google.com/p/fmask/wiki/WikiFmask_Windows_exe]

    Like

  2. File paket program (untuk OS Windows) cukup besar, sekitar 430 Mb.

    Untuk memudahkan pengunduhan, saya split menjadi beberapa file dan diletakkan di:
    http://httsan.web.id/pub/fmask/

    Untuk keterangan sila baca file: _keterangan.txt

    Bersifat sementara, akan dihapus pada waktu tertentu, karena keterbatasan ruang.
    Semoga berguna.

    Like

  3. Contoh hasil pemrosesan sila baca: http://goo.gl/mUvjUC

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: