Skip to content

Jawaban dan Pemenang Quiz #2 Peta Buta

by on August 23, 2013

Soal Quiz #2

Soal Quiz #2

Jawaban dari Peta Buta gambar diatas adalah:

  • Lokasi tersebut adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih.
  • Keterangan: gambar diputar 90 derajat berlawanan arah jarum jam (klik disini untuk Google Maps)

Pemenang Quiz #2:

Jawaban dari pemenang:

Peta buta kali ini adalah wilayah Teluk Cenderawasih, Provinsi Papua Barat. Koordinat lokasi ini, berdasarkan google maps adalah antara:
Lintang: 2.136346 – 2.221428 LS
Bujur: 134.112425 – 134.944639 BT

Dilokasi ini terdapat Taman Nasional Teluk Cenderawasih, yangmerupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia, terdiri dari daratan dan pesisir pantai, daratan pulau-pulau, terumbu karang, dan perairan lautan . Taman Nasional ini sendiri terdiri atas beberapa pulau, antara lain: pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon dan Yoop.

Selain pulau-pulau tersebut, diwilayah ini juga terdapat pegunungan wondiwoi yang merupakan cagar alam dengan 147 spesies burung dan berbagai jenis flora dan fauna lainnya. Terletak di sepanjang Jaziriah Wasior sepanjang 142.173,94 km dengan luas 73.022 ha. Dari cagar alam ini dapat dinikmati panorama alam Teluk Wandamen dan Teluk Cenderawasih yang sangat indah. Dapat dicapai dengan pesawat udara jenis Cessna dan Twin Otter dengan waktu tempuh ± 20 menit dari kota Manokwari. Ada juga rumah seribu kaki yang bentuknya unik karena dibangun di atas tiang-tiang penyangga yang sangat banyak sehingga dinamakan demikian. Dindingnya terbuat dari kulit kayu sedangkan atapnya dari daun pandan, penghuninya terdiri dari 4 sampai 5 keluarga (25-30 orang).

Beberapa tujuan wisata yang terdapat di Taman Nasional Teluk Cenderawasih antara lain:
• Pulau Rumberpon
Lokasi Pengamatan satwa (burung), penangkaran rusa, wisata bahari, menyelam dan snorkeling, kerangka pesawat tempur Jepang yang jatuh di laut.
• Pulau Nusrowi
Menyelam dan snorkeling, wisata bahari, pengamatan satwa.
• Pulau Misowaar
Sumber air panas, air terjun, menyelam dan snorkeling, pengamatan satwa dan wisata budaya. Selain itu terdapat goa alam yang merupakan peninggalan zaman purba, sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam di Pulau Misowaar, goa dalam air dengan kedalaman 100 feet di Tanjung Mangguar.
• Pulau Yoop dan perairan Wondesi
Pengamatan ikan paus dan ikan lumba-lumba.
• Pulau Roon
Tempat Pengamatan satwa burung, menyelam dan snorkeling, air terjun, wisata budaya, dan gereja tua. Sejumlah peninggalan dari abad 18 masih bisa dijumpai pada beberapa tempat seperti di Wendesi, Wasior, dan Yomber. Umat Kristiani banyak yang berkunjung ke gereja di desa Yende (Pulau Roon), hanya untuk melihat kitab suci terbitan tahun 1898.

__________

Selamat kepada pemenang Quiz #2 Peta Buta Mengenal Nusantara.

Keterangan:

  • Pemenang akan dihubungi oleh panitia melalui surel untuk pengiriman hadiah.
  • Terimakasih untuk partisipasi anda semua.

From → Event

Comments are closed.